Hidroponik

Apa Itu Hidroponik

Hidroponik berasal dari bahasa Yunani kuno, dari kata “hydro” yang berarti air dan ponos” yang berarti kerja.Oleh karena itu, pertanian sistem hidroponik merupakan praktek pertanian di mana budidaya tanaman dilakukan tanpa menggunakan tanah.

Tanaman ditanam dalam mineral (air) tanpa tanah. Pertanian dengan sistem seperti ini sudah dipraktekkan oleh suku Babilonia pada jaman dahulu.

Seiring berjalannya waktu semakin banyak kemajuan yang dibuat dalam teknologi petanian sistem hidroponik  dan telah banyak diterbitkan buku yang mendokumentasikan teknologi tersebut.

Sejarah Sistem Hidroponik

Tapi terobosan nyata datang pada tahun 1937 ketika Frederick Gericke dari Universitas California di Berkeley menganjurkan masyarakat untuk pertanian tanah kurang subur yang akan digunakan untuk tujuan komersial.

Frederick adalah orang yang memberikan praktek pertanian tanah kurang subur ini dengan nama sistem Hidroponik .

Merangkul praktek ini membantu dengan cara yang hebat untuk memecahkan banyak masalah yang sebelumnya dianggap sangat menantang, NASA bahkan pergi ke langkah yang lebih besar dan sampai sekarang terus untuk penelitian dan mengembangkan teknik untuk tumbuh makanan di Mars dan membuat hidup ada kemungkinan.

Juga selama Perang Dunia II, penemuan yang menakjubkan ini digunakan untuk memberi makan tentara yang berada interior dalam di Kepulauan Pasifik sejak pertanian tanah tidak pernah bisa bekerja di sana.

pertanian sistem hidroponik

BAGAIMANA SISTEM hidroponik PERTANIAN KERJA?

Sebuah sistem hidroponik terdiri dari tiga komponen penting yaitu:

• Cahaya

• Air

• Air (nutrisi)

Dalam rangka untuk menghasilkan hasil yang tinggi dan untuk pertumbuhan yang kuat baik, komponen ini harus diberikan kepada sistem dalam proporsi yang tepat, jika risiko kegagalan total dari seluruh sistem akan sangat incumbent, oleh karena itu, pengalaman berguna hidroponik saat berlatih .

Cahaya

Cahaya adalah komponen yang paling penting dalam kehidupan tanaman dan dalam hal ini, dapat disediakan oleh cahaya tumbuh atau matahari.

Lampu tumbuh hanyalah sebuah replika alami sinar ultra-violet matahari yang persyaratan utama dalam proses fotosintesis.

Komponen dari cahaya tumbuh

  1. Lamp The – ini adalah sumber cahaya yang tersedia sebagai Cahaya biru (metal halide), Red light (tekanan tinggi natrium) dan spektrum Ganda.

    Cahaya biru membantu tanaman dalam pertumbuhan vegetatif selama tahap awal dalam hidupnya, sedangkan lampu merah digunakan oleh tanaman selama tahap berbunga / berbuah.
    Terbaik hidroponik atau sistem pencahayaan.

    spektrum ganda tidak spesifik dan mencakup seluruh siklus hidup tanaman. Distributor menjual lampu dari peringkat daya yang berbeda dan satu dapat memilih salah tergantung pada skala produksi dan jumlah cahaya yang dibutuhkan.

    Anda dapat menemukan mereka berkisar antara 0.5kW-1kW di berikut spesifikasi-250W / 400W / 600W / 750W / 1000W.

    Reflector The – Sama seperti namanya, pekerjaan utama komponen ini adalah untuk memantulkan cahaya yang berarti tergantung pada desain dan ukuran mengontrol daerah yang selimut didistribusikan dan juga intensitas cahaya yang memberikan.

    3. Ballast – ini adalah ‘kokpit’ dari sistem pencahayaan.

    Ini rumah semua komponen yang diperlukan listrik dan elektronik yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu dan juga regulator saat ini yang mengontrol jumlah arus yang disuplai ke lampu, maka, melindunginya dari kerusakan dan yang paling penting yang mengatur jumlah cahaya lampu memancarkan.
    Electronic Ballast 1000W Untuk Hidroponik

    ballast efektif memperpanjang umur panjang lampu karena mengandung pelindung gelombang yang melindungi bola lampu selama kekuatan gelombang.

    Dalam era ini, hampir semuanya sedang berubah dari standar lama (analog) sistem untuk sistem digital.

    Sehingga memiliki ballast digital lebih ekonomis dan menguntungkan daripada memiliki satu standar.

    Hal ini karena ballast digital memiliki saklar sepeser pun-bisa yang berarti bahwa arus keluaran dapat diatur untuk jumlah yang diinginkan.

    Dalam kasus Anda kebetulan untuk mengubah lampu ke yang lebih tinggi atau peringkat yang lebih rendah, Anda tidak perlu membeli ballast baru tapi hanya menyesuaikan beralih ke output yang diinginkan.

    Kelemahan utama dari ballast adalah bahwa hal itu sangat eksotermis, dan ini bisa berbahaya; maka, itu harus ditempatkan di tempat yang aman jauh dari anak-anak dan hal-hal lain yang dapat dirugikan oleh panas.

  2. Air / Gizi

    Ini sekarang adalah sistem Hidroponik utama karena ini adalah apa yang memberikan campuran air / nutrisi penting ke pabrik. Hal ini disediakan oleh sistem hidroponik, tumbuh dan larutan nutrisi.

    sistem yang berbeda yang tersedia mendukung baik pemula dan berpengalaman.

    Misalnya, ada Teknik Nutrient Film (NFT) di mana akar tanaman yang terkena daripada ditanam di substrat dan Sistem Wilma mana akar dipegang oleh substrat.
    NFT Gizi FilmTechnique

    Persyaratan utama dari larutan nutrisi / air Nitrogen, Fosfor, dan Kalium dan mikro-nutrisi lain, solusi ini adalah salah satu yang menyediakan tanaman dengan nutrisi yang diperlukan, sehingga proporsi yang benar adalah sangat penting.

    Ada dua jenis campuran: “Tumbuh” yang diberikan kepada tanaman muda dan mereka yang tidak bunga atau buah, dan “Bloom” yang diberikan pada berbunga dan tahap berbuah.

    pH (ukuran keasaman / kebasaan) dan tingkat Listrik Konduktivitas / EC (ukuran kekuatan dari larutan nutrisi) perlu diuji secara teratur dengan menggunakan pena pH dan EC pena.

    Udara

    Ini adalah komponen akhir, dan itu disediakan oleh sirkulasi (fan dan filter) sistem. Umumnya tanaman memperoleh 75% dari persyaratan dari karbon (iv) oksida ditemukan di udara, sehingga udara merupakan sumber yang sangat penting dari nutrisi.

    Sebuah kipas mengontrol sirkulasi udara dan kelembaban, sedangkan filter menghilangkan bau tanaman. Kurangnya kontrol yang tepat dari komponen ini, dapat menyebabkan penyakit dan terhambat atau kurangnya pertumbuhan.

    Manfaat hidroponik

    Manfaat Hidroponik

    Hasil yang lebih tinggi dan lebih cepat tingkat-ini pertumbuhan adalah karena larutan nutrisi dalam kontak langsung dengan zona akar.

    2. Memfasilitasi produksi makanan sepanjang tahun bulat.

    3. Menghemat air sejak campuran nutrisi / air daur ulang.

    4. Tidak ada resiko hama tanah-ditanggung maka pestisida biaya dieliminasi.

    5. Makanan diambil dan dikonsumsi pada usia yang tepat sehingga menghindari paparan gas yang digunakan dalam pengemasan dan transportasi.

  3. Pertanyaan yang sering diajukan

    Telah ada banyak berdebat apakah tomat hidroponik tumbuh rasanya sama seperti tanah tumbuh, dan kebenaran adalah bahwa tidak ada perbedaan dalam rasa sama sekali.

    Orang juga bertanya-tanya apakah hidroponik tumbuh makanan dapat diklasifikasikan sebagai organik, dan jawabannya tidak.

    orang lain juga bertanya-tanya apakah tenda tumbuh adalah suatu keharusan dalam Hidroponik, baik, tumbuh tenda membantu dalam menciptakan sistem yang disesuaikan dan yang paling penting mengatur jumlah cahaya yang mencapai tanaman.

    Kadang-kadang orang bertanya pada diri sendiri di mana untuk menempatkan sistem Hidroponik, jawabannya adalah bahwa sistem dan skala produksi adalah penentu utama lokasi.

    Kerugian dari Hidroponik

    Listrik – Hal ini diperlukan oleh mesin yang memberikan tanaman larutan nutrisi, dan dalam kasus pemadaman listrik yang berkepanjangan tanaman akan mati. Ini panggilan untuk penyiraman pengguna yang membosankan.

    Pemeliharaan – Hidroponik kebun panggilan untuk reguler cenderung sehingga memakan banyak waktu dan memiliki biaya operasi yang lebih tinggi.

    Penyebaran penyakit – Sejak tanaman ini berbagi larutan nutrisi penyakit yang terbawa air dapat menyebar dengan sangat cepat ke seluruh kebun Hidroponik, tidak seperti kebun berbasis tanah.

    Pengetahuan – Ini adalah praktik yang perlu pengetahuan teknis dalam rangka memberikan proporsi yang tepat dari komponen yang diperlukan.

    Biaya – Peralatan yang dibutuhkan di Hidroponik mahal, dan biaya setup lebih daripada kebun berbasis tanah.

    Kesimpulannya, Hidroponik menyediakan platform untuk pertumbuhan makanan atau rumah tangga tanaman seperti bunga dan semak-semak. Ini adalah praktek yang menarik yang akan membuat Anda merasa besar ketika Anda berhasil!

Advertisements